Catatan Roiza

Sebuah catatan perjalanan, gaya hidup & inspirasi keluarga
inspirasi

Dijamin! 5 Cara Ini Bakal Bikin Quality Time Bersama Keluarga Makin Berkualitas

April 11, 2019

Hih… paling gemes nih kalau pas weekend atau hari libur kerja, suami masih saja masuk kerja. Eh, bukannya malah ber-uang ya. Hihihi…. Enggak lah ya bu ibu. Namanya juga manusia butuh istirahat juga, butuh me time juga. Enggak hanya soal uang melulu..

Kadang memang kenyataan tak sesuai harapan dan enggak bisa dihindari juga ketika ingin punya quality time bersama keluarga harus berbenturan dengan pekerjaan. So, bagi saya yang notabene-nya ibu rumah tangga bisa berkumpul bersama suami dan anak di akhir pekan atau ketika hari libur itu jadi sesuatu bangeeeet…sesuatu yang spesial gitu lah.

Enggak meski pergi liburan, bisa berkumpul saja udah seneng banget. Bisa cerita ini itu secara lansung tanpa alat perantara. Jadi lebih berasa saja kebersamaannya dan makin berkualitas. Intinya enggak harus lama-lama. Melakukan hal-hal kecil bersama keluarga pun menjadi moment tersendiri untuk meningkatkan quality time bersama keluarga.

Bagi bu ibu yang masih bingung mau ngapain aja biar quality time bersama keluarga makin berkualitas, 5 cara ini bisa dijadikan ide atau referensi. Tidak harus mahal, enggak harus ngeluarin banyak ongkos dan yang terpenting ramah dikantong.

  1. Baca buku bareng

“Ya, kok baca buku sih. Kan aye enggak suka baca buku.”  Eh, tunggu dulu…jangan dimakan  mentah-mentah gitu dong. Kalau emang enggak suka baca buku, cobalah belajar untuk suka. Kan awiting tresno jalaran songko kulino (Bahasa Jawa), senang berawal dari kebiasaan. Bisa dimulai dengan hal-hal kecil, semisal baca buku cerita ketika hendak tidur, bercerita bareng, atau bisa juga mengajak anak pergi ke perpusda untuk berkenalan dengan buku dan membacanya. Lebih bermanfaat seperti ini bukan, dari hanya sekadar main game.

  1. Project keluarga

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat atau merencanakan project keluarga. Project keluarga ini semisal dengan memasak bareng dengan membuat menu-menu yang bisa direquest, kemudian bisa juga dengan kegiatan beberes dan bersih-bersih bersama di rumah. Tuh kan jadi asyik…beberapa pekerjaan ibu jadi terselesaikan. Bertanam pun bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Project ini bisa Bu IBu  diskusikan terlebih dahulu bersama keluarga untuk menentukan kegiatan apa yang akan diambil.

  1. Lakukan apa yang disuka

Nah, selain project keluarga melakukan apa yang disuka atau menekuni hobi pun dapat dijadikan suatu pilihan. Ajak anak-anak untuk mengenalkan hobi dan menanyakan apa hobi mereka. Pada dasarnya libatkan anak-anak dan anggota keluarga lainnya untuk menggali, mengenal hobi, dan membangun komunikasi.

  1. Liburan tipis-tipis

Wuih…ini nih yang paling saya suka. Liburan!!! Meski hanya tipis-tipis atau semi liburan. Kalau saya paling seneng ngajak anak dan ayahnya pergi ke perpustakaan atau kalau enggak ya main ke wahana bermain dekat rumah. Sering juga hanya pergi makan keluar atau kalau enggak silaturrahim ke rumah temen. Sambil cerita ini itu. Hehehe bukan ngegosip ya. Meski terlihat sederhana tapi yakinlah ini akan bermanfaat sekali buat keharmonisan keluarga. Kalau liburan tipis-tipis saja udah oke, apalagi liburan beneran. Wuuiish tambah mantul. Lebih keren lagi kalau Bu Ibu persiapkan segala sesuatunya secara matang. Termasuk urusan menghandle anak. Soalnya namanya anak-anak suka bikin sesuatu tak terduga kalau diajak liburan. Salah satunya tuh ini yang wajib Ibu baca, “ Tips agar anak tak cranky saat liburan.”

  1. Jalan-jalan

Nah kalau yang ini lebih sederhana lagi. Jalan-jalan di sore hari sambil nyari cemilan sana sini. Jujur, saya ini sering melakukan hal ini. Sore-sore keliling desa naik motor sama anak dan suami. Sambil mendiskusikan segala sesuatu yang memang perlu didiskusikan.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Bu Ibu coba agar quality time bersama keluarga makin berkualitas. Tak perlu banyak biaya dan yang jelas ramah dikantong. Bagaimana, tertarik untuk mencoba atau punya pengalaman lain? Kuy ah, di share…

 

  1. Yang penting intinya dilakukan bareng-bareng ya biar makin berkualitas, gak cuma sekadar ada lalu melihat doang si anak bermain. Trims tipsnya mba.

  2. Meskipun aku bekerja dari rumah, tetap aja selalu menantikan yang namanya liburan akhir pekan. Soalnya aku bekerja mulai pukul 08.30-17.00 dan anak-anak yang sekolah sudah tiba di rumah pukul 15.00. Ketemu aku sih, tapi hanya ‘say hi’ aja sebentar lalu aku kerja lagi. Anak-anak nggak aku perbolehkan usik-usik saat mamanya kerja. Nanti usai jam kerja, baru deh kalau mau main-main. Sebisa mungkin profesional pada pekerjaan dan mengajarkan anak-anak disiplin waktu juga. Ada saat ibunya bekerja, ada saat ibunya bermain dan menemani mereka belajar. Kami mau coba-coba resep sederhana ah di liburan Pemilu besok, hihihi …

  3. quality time memnag perlu bangets..apalagi buat saya sekeluarga yang tinggal di Jakarta..anak-anak dan bapaknya punya jadwal masing-masing jadi dalam sehari kadang ketemu berapa jam saja. Jadi hari libur adalah hari keluarga berkualitas bagi kami.
    Terima kasih cara-caranya yang dibagikan untuk quality time bareng keluarga mbak..menarik nih

  4. jalan-jalan! wkwkwwk, itu paling ampuh di keluarga saya. yang tadinya pada ngambek-ngambek di bawa jalan-jalan pada akur lagi, cepet banget, wkwkwk. jalan-jalan emang salah satu cara sih. oke nih tips-tipsnya makasih mba sharingnya.

  5. Aku nih yang biasanya pilih liburan tipis-tipis dengan mengunjungi teman lama agar silahturahim tetap terjaga. Betul ya mbak, aku juga suka protes kalau suami jatahnya libur kok sama bosnya disuruh masuk. Hihihi… family time nggak harus mehong, asallkan bahagia sudah bisa berkumpul bareng keluarga.

  6. Quality time-nya hampir sama dengan saya, nih. Terutama di bagian jalan-jalan yg gak harus jauh. Muter2 deket tapi bisa ngobrol banyak itu cukup, deh. Yang penting bonding antar anggota keluarga terjaga ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!