Catatan Roiza

Sebuah catatan perjalanan, gaya hidup & inspirasi keluarga
review

Bertumbuh dan Berkembang Bersama Pasukan Blogger

Januari 16, 2018

 

Menjadi seorang blogger adalah keinginan saya sejak tertarik di dunia tulis menulis dan web. Tidak tahu kenapa, tapi menurut saya jadi blogger itu keren. Selain dituntut bisa menulis, seorang blogger juga harus suka baca. Kalau enggak baca, bagaimana bisa nulis? Intinya, berwawasan luas.

Dan akhir-akhir ini saya juga tertarik untuk belajar vlog. Akan jauh lebih menarik jika dalam menyajikan sebuah konten, seorang blogger juga memakai vlog. Tentu, hal ini merupakan bagian dari SEO yang penting untuk meningkatkan traffiq blog.  Penyajian konten yang menarik dan informasi yang bermanfaat akan membuat pembaca betah berlama-lama di halaman blog kita. secara tidak langsung, hal ini akan berpengaruh pada rangking blog di mata search engine.

Blog yang ramai pun membawa berkah tersendiri bagi pemiliknya. Pundi-pundi uang bisa mengalir dengan sendirinya. Hayoo … siapa yang tak ingin seperti itu? Itulah mengapa,  traffiq begitu penting bagi kelangsungan sebuah blog. Nah, salah satu cara yang sering dilakukan para blogger adalah melakukan blogwalking untuk mendatangkan traffiq. Dan baru-baru ini  dibentuklah sebuah wadah di mana para blogger bisa belajar dan melakukan blogwalking.

 

Bagi sebagian blogger yang tergabung dalam lingkaran joaeragan artikel (JA ) sudah tidak asing lagi dengan pasukan blogger. Namun, tidak dengan yang lain, yang belum mengenalnya.  Pasukan blogger itu sendiri dibentuk dalam sebuah grup, yang mana kita diwajibkan untuk share atau posting 2 kali dalam seminggu. Selain itu, setiap minggu terdapat challenge yang tentunya akan menambah semangat para blogger untuk menulis. Hal ini  tak lain bertujuan  untuk melatih konsistensi dalam menulis dan ngeblog.

Selain sebagai wadah untuk melatih kebiasaan menulis dan ngeblogging, pasukan blogger pun diwajibkan untuk blogwalking ke semua anggota. Bagi seorang blogger tentu sudah tahu kan, manfaat blogwalking untuk blog.

baca juga: strategi baru dalam pengembangan bisnis tulisan

Pasukan blogger sendiri digawangi  oleh mbak dira indira yang mana, tongkat estafet sebelumnya  dipegang oleh mbak rahayu asda putri. Menjadi seorang blogger tentu memiliki kenikmatan tersendiri. Belajar, menambah ilmu, berkomunitas, dan saling menjaga silaturrahim salah satunya.

Sebagaimana saya jelaskan di atas, kenapa sih harus berkomunitas? Salah satunya, ya menambah ilmu. Itulah alasan, mengapa Anda harus ikut menjadi pasukan blogger. Yang jelas cocok banget untuk blogger pemula. Mbak dira sendiri sering bagi-bagi tips seputar  dunia perbloggingan. Jadi nambah ilmu kan, kakak.

Oh iya, satu hal yang saya suka dari pasukan blogger ini adalah belajar mereview produk. Di sini saya bisa belajar dari blogger-blogger lain, bagaimana cara mereka dalam mereview sebuah produk. Mulai dari sudut pandang yang diambil, pilihan diksi, gaya penulisan, dan lain sebagainya.  Asyiknya lagi bisa dijadikan barometer untuk mengukur kemampuan kita dalam mereview sebuah produk. Pasalnya kelihatan banget, mana blogger yang sudah mahir mereview dengan yang masih belajar.

Dengan adanya kontes mereview produk ini, saya belajar banyak hal tentang mereview produk secara tidak langsung. Bagi Anda yang hobi ngeblog, bisa neh ikutan gabung. Khususnya untuk kalangan perempuan ya. hehehe

Sama dengan komunitas lainnya, pasukan blogger juga mempunyai code of conduct atau etika yang mengatur dalam sebuah komunitas.  Semisal, saling BW ke blog lain, anggotanya perempuan, posting minimal 2 kali seminggu, dan lain-lain. Untuk tata cara bergabung bisa menghubungi mbak dira selaku penanggung jawab.

Bisa bersinergi sesama blogger akan menambah ilmu, wawasan, dan menjalin tali silaturrahim. So, jangan sungkan ya untuk ikutan bergabung dan menimba ilmu dari satu blogger ke blogger lainnya untuk meningkatkan kapasitas diri.

  1. Sangat bermanfaat sekali ya, Mbak..terima kasih sudah mencolek saya. Saya pribadi juga sangat menikmati, menyenangkan menjadi blogger walaupun kebanyakan tulisan saya isinya ‘sak karepe dewe’ hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!