Catatan Roiza

Sebuah catatan perjalanan, gaya hidup & inspirasi keluarga
review

Strategi Baru dalam Pengembangan Bisnis Tulisan

November 23, 2017

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa marketing menjadi salah satu tonggak dalam keberhasilan bisnis seseorang. Tanpa adanya marketing, bisnis akan mati karena tak adanya kegiatan transaksi jual beli. Itulah mengapa, diperlukan adanya strategi marketing dalam pengembangan sebuah bisnis tak terkecuali bisnis tulisan.

Hmm, bisnis tulisan? Adakah yang belum mengenalnya? Bisnis tulisan atau yang lebih dikenal dengan bisnis jasa penulisan saat ini memang lagi booming.  Maraknya pemain bisnis yang sudah merambah dunia online, mau tak mau mereka memerlukan badan atau agen yang mampu memasarkan produk secara online. Dalam artian mengisi konten media online mereka. Lebih dari itu, bisnis di bidang tulisan sebenarnya sangat luas, dan yang telah disebutkan di atas merupakan salah satunya.

Sebagaimana Joeragan Artikel yang didirikan oleh ummi aleeya yang bergerak di bidang tulisan. Banyak sekali training yang diadakan di dalamnya terkait dengan skill menulis. Tak tanggung-tanggung untuk memperluas pangsa pasarnya, Joeragan artikel atau yang sering disebut dengan JA (dibaca:je a) membuat beberapa pasukan untuk mengenalkan training yang diadakannya.

Membuat pasukan yang anggotanya diambil dari alumni training JA ini, merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk memasarkan beberapa training yang memang menjadi produk unggulannya. Dan satu hal yang perlu diingat bahwa tidak semua alumni JA bisa menjadi pasukan untuk semua divisi. Yang bisa menjadi pasukan hanyalah mereka yang telah lulus dan menguasai bidang yang yang terkait. Semisal lulusan training kelas status cantik hanya bisa menjadi pasukan endors. Tidak bisa menjadi pasukan editor. Begitu juga sebaliknya, kecuali kalau mereka lulus training editor juga. mereka otomatis menjadi pasukan keduanya.

Masih bingungkah? Semoga tidak ya…oh iya, apa saja sih pasukan yang ada di JA?

Tentu saja banyak, ada beberapa pasukan dengan devisinya masing-masing. Seperti pasukan endors, pasukan editor, pasukan bloggers, pasukan resensi, pasukan liputan, dan masih banyak lagi. Saya sendiri selaku alumni JA termasuk dalam pasukan endors, blogger, editor dan insyaallah ke depan ikut dalam pasukan resensi. Dalam setiap pasukan ada tantangan dan sensasinya masing-masing.

Semisal pengalaman dalam pasukan endors sendiri itu menurut saya fun banget. Meski  ada deadline, waktu yang harus ditaati, namun teamnya asyik-asyik saja. Mereka saling bantu satu sama lain. Membuat saatu sama lain tetap merasa nyaman dalam team. Asyiknya lagi…kita dapat fee loh. Lumayan buat ikutan training lagi dan beli jajan.

Untuk pasukan editor, terus terang ini membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Penguasaan bahasa dan ejaan berperan penting dalam menjalani posisi sebagai seorang editor. Dalam pasukan editor sendiri punya penanggung jawab dan sistem tersendiri yang memang sudah terjadwal rapi. Di sini sesama editor kita bisa belajar banyak hal dan termasuk dalam hal value. Berbagi satu sama lain, biar adil. Belajar legowo dan tentunya bertanggung jawab atas kewajiban masing-masing.

Dan yang paling menantang adalah menjadi pasukan blogger. Nah tulisan ini salah satunya. Jadi setiap minggu ada tantangan tersendiri. Minimal seminggu dua kali. Banyak banget yang kesengsem sama pasukan ini. Selain ada give away, kita bisa ikutan lomba blog yang berpeluang mendapatkan rupiah. Selain itu juga bagus untuk meningkatkan traffiq blog karena terdapat kegiatan blogwalking.

Terlepas dari itu semua, yang paling berasa manfaatnya adalah nambah ilmu, nambah pengalaman, dan juga menambah teman sekaligus bisa bersilaturrahim satu sama lain. Karena pada dasarnya kita adalah makhluk sosial yang tak boleh berhenti belajar. Belajar sepanjang hayat untuk melayakkan diri ke arah yang lebih baik. so, apa strategi marketing bisnismu?

  1. Aku baru tahu ttg JA ini mba.. Jd kalo lulus di kelas trainingnya, bisa bergabung dengan salah satu pasukannya yaaa. Menarik :). Jadi pgn tahu lebih ttg JA. Krn aku juga suka menulis, walopun selama ini hanya sebatas di blog. Pgn blajar lbh babyak aja ttg skill menulis

  2. Aku baru tahu ttg JA ini mba.. Jd kalo lulus di kelas trainingnya, bisa bergabung dengan salah satu pasukannya yaaa. Menarik :). Jadi pgn tahu lebih ttg JA. Krn aku juga suka menulis, walopun selama ini hanya sebatas di blog. Pgn blajar lbh banyak aja ttg skill menulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!