Catatan Roiza

Sebuah catatan perjalanan, gaya hidup & inspirasi keluarga
rupa-rupa

Joeragan Artikel: Jalan Menuju Karir Menulisku

November 8, 2017

Menekuni hobi menjadi pilihan saya setelah memutuskan untuk resign dari pekerjaan. Alasannya sederhana ingin membersamai anak dalam tumbuhkembangnya. Memiliki hobi  yang sudah cukup lama tidak ditekuni, membuat saya kesulitan untuk memulainya kembali. Tidak tahu harus mulai dari mana dan berguru sama siapa. Ketika itu yang saya lakukan hanyalah berkunjung ke perpustakaan dan toko buku untuk sekedar membaca atau membeli buku tentang bagaimana menulis dengan baik, bagaimana meniti karir di dunia penulisan. Hingga akhirnya saya bertemu dengan buku karya Indari Mastuti  yang berjudul “ Menulis Itu Gampang”.  Singkat cerita dari buku itulah yang mengantarkan saya pada lingkaran Indscript Training Center dan bertemu dengan Ummi Aleeya selaku pemilik dari Joeragan Artikel, yang menjadi salah satu mitra di Indscript.

Meskipun berada dalam lingkaran indscript dan komunitasnya, tak lantas membuat saya mengenal apa itu joeragan artikel dan siapa itu ummi aleeya. Dan tanpa sengaja,  melihat postingan teman di beranda facebook  bahwa menulis artikel di JA (Joeragan Artikel) itu mengasyikkan karena bisa magang dan dapat fee pula. Hehehe…dasar emak-emak kalau iming-imingnya uang pasti matanya langsung ijo.

Terlepas dari itu semua, ikut bergabung dalam keluarga besar JA menjadi berkah tersendiri dalam karir menulis saya. Bertemu dengan penulis-penulis hebat, bertemu dengan orang-orang  yang kurang lebih mempunyai hobi yang sama, membuat mood dalam menulis selalu terjaga. Dan yang enggak kalah pentingnya adalah bisa upgrade ilmu dari waktu ke waktu sesuai dengan kebutuhan kita.

Iya, di JA memang menyediakan banyak fasilitas training terkait dengan kepenulisan. Ada training kelas status cantik, menulis artikel jebol media, training editor, copywriting, biografi, press release,  dan lain sebagainya. Sangking banyaknya, saya pun lupa training apa saja yang pernah saya ikuti. Yang masih saya ingat itu ya training status cantik dan kelas editor. Yang lain saya lupa, tapi memang benar adanya bahwa setiap mengikuti training yang ada di JA meninggalkan kesan yang begitu berbeda dan menambah pengalaman di bidang tulis menulis.

Manfaat apa saja sih yang diperoleh dengan bergabung di JA?

Banyak tentunya. Selain nambah ilmu, nambah temen, nambah saudara, dan relasi, juga menambah jam terbang. Kemampuan kita akan semakin terasah dengan banyaknya praktek dan magang. Selain itu kita juga berkesempatan untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari job-job yang ada. Misalnya dari endors, menulis artikel, dan masih banyak lagi. Kita juga bebas loh mencari job secara mandiri.   

Yang paling menarik di JA itu adalah karena kita berangkat dari hobi yang sama, mempunyai ketertarikan yang sama di dunia tulis menulis, so banyak dari anggotanya yang memang benar-benar penulis yang sudah expert dan memiliki jam terbang tinggi. Sehingga mereka pun kerap menjadi mentor bagi temannya sendiri sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

Harapan buat JA untuk ke depannya.

Untuk ke depannya, saya selaku alumni JA berharap yang terbaik, semoga lebih berjaya, menghasilkan training-training yang berkualitas dan tentunya banyak mencetak penulis-penulis baru yang handal.  Membantu menciptakan dan memberi peluang perempuan-perempuan Indonesia untuk lebih produktif, mandiri, dan berkarya meski hanya dari rumah. Semoga dengan informasi ini bisa membantu teman-teman yang membutuhkan. Selamat berjuang dan berkarya.

  1. Dengan mengikuti berbagai training di JA semakin banyak ilmu yang didapat. Sukses selalu buat JA. Semoga ke depannya semakin banyak bermunculan wanita wanita hebat yang jago dalam menulis..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!