Catatan Roiza

Sebuah catatan perjalanan, gaya hidup & inspirasi keluarga
rupa-rupa

Melatih Konsistensi dengan ODOP Bersama Blogger Muslimah

Agustus 2, 2017

Alhamdulillah meski baru kali ini sempat menulis, namun tidak menyurutkan langkah untuk ikut berpartisipasi dalam one day one post (ODOP) bersama blogger muslimah. Salah satu motivasi mengikuti event ini adalah selain memberikan konten yang berkualitas untuk pembaca, juga sebagai sarana untuk menebar manfaat bagi orang lain melalui tulisan. Dan tujuan yang paling utama adalah melatih konsistensi diri sebagai motivasi tertinggi saya dalam menulis.

Konsistensi sendiri bagi saya ini sulit sekali. Tidak semudah membalikkan telapak tangan, hanya beberapa jam atau waktu saja bisa konsisten. Butuh proses dan waktu yang berkesinambungan untuk melatih diri agar tetap konsisten. Dalam KBBI sendiri konsisten diartikan tetap, tidak berubah-ubah. Kemampuan mengatur diri inilah yang saya butuhkan agar tetap konsisten dalam menulis dan tentunya menghasilkan tulisan yang bermanfaat bagi pembaca.

Bagi seorang penulis ataupun blogger, tulisan merupakan sebuah investasi yang tak ternilai. Selain itu dengan menulis, dengan menjadi seorang blogger, ataupun penulis akan memperoleh banyak sekali manfaat yang didapat. Bertambahnya teman merupakan salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan. Secara tidak langsung kita akan berteman, berkomunitas dengan orang-orang seprofesi, yang mempunyai ketertarikan yang sama dengan minat. kita juga bisa memperoleh banyak teman dari pembaca setia dan tentunya banyak lagi.
Silaturrahim, biasanya seorang blogger akan melakukan yang namanya blogwalking atau kalau untuk pejabat itu istilahnya kunjungan kerja. Hehehe… bahasa sederhananya itu silaturrahim. Bersilaturrahim antar blogger dengan mengunjungi blog masing-masing. Semakin kita sering bersilaturrahim tentunya akan memperluas relasi, teman dan jaringan. Nah kalau sudah begini, bukan hal yang tak mungkin lagi bukan untuk memperluas jalan rezeki. Banyak silaturrahim banyak rezeki.

Membuka wawasan, yang namanya seorang blogger, penulis mau tak mau memang harus banyak membaca. Karena bagi mereka membaca itu merupakan output, sumber ide untuk menghasilkan sebuah tulisan yang berkualitas. Dengan aktivitas seperti ini, membaca dan menulis, seseorang akan terbuka dan bertambah pula wawasannya.

Lantas selanjutnya bagaimana? Agar kegiatan bloging, menulis, menjadi menyenangkan dan memperoleh setidaknya ketiga manfaat di atas? Kembali lagi ini mengenai konsistensi jawabannya. Ya konsisten, ibarat kata tulisan itu sebuah investasi masa depan, di mana kita perlu konsisten untuk menulisnya. Dan untuk konsisten ini perlu cara. Salah satunya dengan menejemen waktu.

Faktor menejemen waktu menurut saya ini penting, karena tidak semua pekerjaan dapat kita selesaikan pada hari dan waktu itu juga secara bersamaan. Perlu dipilah-pilah terlebih dahulu. Dari yang penting mendesak, tidak penting mendesak, penting mendesak, sampai tidak penting tidak mendesak. Buatlah daftar kegiatan yang akan Anda lakukan di hari itu. Urutkan sesuai prioritas, buang kegiatan yang tidak penting dan tidak mendesak. Tentukan juga batasan waktu, seberapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Jika Anda sudah membuat daftar kegiatan , setelah itu tinggal action. Lakukan setiap daftar yang telah Anda buat sesuai dengan waktunya. Satu hal yang perlu diketahui bahwa dengan membuat daftar kegiatan seperti ini, mungkin akan terasa kaku dan Anda kelihatan seperti robot. Namun sebenarnya tidaklah demikian. Daftar kegiatan ini akan memudahkan Anda dalam mengorganisir setiap kegiatan dan meminimalisir waktu yang akan terbuang secara sia-sia. Meskipun setiap kegiatan sudah terjadwal, namun daftar kegiatan ini tetaplah fleksibel sesuai situasi dan kondisi. Karena terkadang terdapat hal-hal yang tak terduga lainnya.

Menjalankan daftar kegiatan untuk mengatur waktu ini pun bisa dibilang susah-susah gampang. Jadi buatlah menejemen waktu yang pas dan sesuai dengan diri Anda. Pasalnya, nanti dalam pelaksanaannya Anda akan menemui banyak sekali hambatan. Kelihatannya sepele, namun teramat sulit untuk dilakukan jika tidak punya keinginan yang kuat.

Jika nanti dalam prakteknya Anda masih keteteran dalam melaksanakan setiap daftar yang dibuat, jangan lantas menyerah begitu saja. Terus lakukan, lakukan dan lakukan. Jangan berhenti, perbaiki setiap kesalahan yang Anda lakukan hari ini, untuk mendapatkan esok yang lebih baik. So, selamat belajar mengatur waktu dan teruslah konsisten. Semoga bermanfaat….

#ODOP1
#BloggerMuslimahIndonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!