Catatan Roiza

Sebuah catatan perjalanan, gaya hidup & inspirasi keluarga
bisnis

Ingin Sukses Berbisnis Online, Yuk Cek Pondasi Bisnismu

Juli 28, 2017

Adakalanya ketika memulai berbisnis online semangat kita begitu menggebu-gebu. Apalagi jika mendengar kesuksesan mereka yang lebih dulu memulainya. Mudah, cepat menghasilkan dan cepat kaya, itulah persepsi yang sering kita dengar tentang bisnis online. Padahal belum tentu semua seperti itu. Banyak dari kita yang hanya mengetahui hasil tanpa mau tahu proses panjang dibalik kesuksesan bisnis online mereka.

Pesatnya perkembangan teknologi dan kemudahan mengakses informasi membuat siapapun mempunyai kesempatan yang sama untuk terjun di dunia bisnis online. Termasuk  bagi kalangan Ibu rumah tangga. Meskipun begitu hanya sebagian kecil saja yang sukses dan mampu bertahan dalam membangun bisnis online mereka.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin terjun ke dunia online ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Salah satunya adalah pondasi bisnis. Menurut saya inilah yang paling utama dan terpenting sebelum membangun bisnis online. Ya, membangun pondasi bisnis online yang kuat, meliputi mindset bisnis dan goal yang ingin dicapai.

Banyak pemain bisnis online pemula yang gagal di sini. Urusan teknik itu gampang. Namun untuk urusan mindset bisnis, konsistensi, goal itulah yang menjadi penyebab utama kegagalan seseorang dalam berbisnis online. Kegagalan ini justru sebagian besar datang dari dalam diri sendiri. Oleh sebab itulah sebelum membangun bisnis online, hal utama yang perlu disiapkan adalah mindset dan goal bisnis sebagai pondasi dasar berbisnis online.

Mindset ini meliputi banyak hal ya tentunya. Seperti harus memiliki mental baja, menjadi pribadi yang terus belajar, mau praktek atau action dan jangan mudah menyerah. Pebisnis online harus punya mental yang kuat, tangguh seperti baja. Jangan ketika baru berbisnis, satu bulan dua bulan enggak closing, enggak menghasilkan penjualan terus berhenti jualan, ngambek, bad mood, ogah-ogahan prospek dan lain-lain. Pertama buka toko online, satu minggu orderan lancar setelah itu tidak ada orderan langsung males, loyo. Mental seperti inilah yang harus dihindari. Pada prinsipnya berbisnis online itu sama dengan berbisnis offline. Hanya medianya saja yang membedakan.

Syarat selanjutnya ketika ingin berbisnis online adalah mau belajar. Mengosongkan diri agar terus belajar. Karena ilmu digital marketing itu setiap hari terus berubah dan mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Kalau kita tak mau belajar ya pasti akan tertinggal lah ya…

Belajar terus tanpa mau praktek juga omong kosong. Intinya itu prakteknya harus lebih banyak dari belajarnya. Praktek 3X belajar 2X. Praktek praktek praktek, belajar belajar. Banyak loh orang yang suka training, ikut pelatihan, seminar namun hanya sekedar ikut saja tanpa mau mempraktekkan ilmunya. Jadi ya mereka hanya sekedar tahu saja. Enggak mau kan ilmu yang kita punya, yang sudah susah payah mendapatkannya hanya menjadi sampah di otak kita. so don’t forget to be action.

Nah mindset yang harus dimiliki pebisnis online selanjutnya adalah pantang menyerah. Jangan hanya karena jualan kita belum laku terus berhenti, malas, badmood atau banyak alasan karena inilah itulah. Ini yang perlu dilurusin agar kita terhindar dari mindset seperti ini. Misal kalau belum laku ya harus introspeksi terlebih dahulu, ngiklan kita gimana, kolam kita gimana, target marketnya sudah oke belum, kegiatan prospeknya sudah sesuai target belum dan lain sebagainya. Banyak hal yang bisa mempengaruhi sebuah closingan atau penjualan.

Satu lagi yang merupakan bagian dari pondasi bisnis online yaitu goal yang ingin dicapai. Tanpa adanya goal bisnis online Anda akan berjalan seadanya tanpa arah dan tujuan. Goal ini sangat penting untuk membawa kemana arah bisnis. Mengukur seberapa besar kesuksesan yang telah diraih. Tentukan atau buatlah goal yang realistis sesuai dengan tingkat kemampuan Anda. Bermimpi besar itu boleh tapi dari mimpi besar tersebut buatlah goal-goal kecil yang mengarah kepencapaian mimpi besar tersebut.

Sebenarnya mindset bisnis seperti ini tidak hanya diterapkan di bisnis online saja namun bisa ke semua jenis bisnis. Baik online maupun offline. Bagi yang tertarik terjun ke bisnis online atau bagi yang sudah menjalankan, yuk kita coba cek ulang kembali, apakah pondasi bisnis kita sudah benar apa belum.

  1. Bener mba Roiza. Konsistensi dan semangat kudu kenceenggg terus klo mau bisnis, termasuk bisnis online. Sy pun lg usaha sekarang. Mudah2an berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!