Catatan Roiza

Sebuah catatan perjalanan, gaya hidup & inspirasi keluarga
Book Review

Teguran Dibalik Si Halo Balita

Juli 27, 2017

Saya tidak tahu seberapa banyak orang yang mengetahui dan kenal dengan sosok si halo balita yang kata sebagian orang itu best seller. Ya, sebuah produk buku yang dirancang khusus untuk sang balita ini digadang-gadang menjadi produk unggulan dari pelangi mizan.

Jujur saya sendiri sangat menyukai buku ini. Meski buku ini untuk konsumsi anak, bukan diri saya. Namun rasa penasaran tak mampu membendung diri untuk tidak membaca buku ini. Mempunyai buku halo balita ini bukanlah hal yang mudah bagi saya, mengingat harga buku yang mencapai angka  jutaan. Tapi inilah yanga namanya sebuah keinginan untuk memiliki sebagai bagian dari sebuah investasi untuk anak. Sudah lama sekali saya mengincar buku ini dan alhamdulillah saya diberi kesempatan dan kemudahan mendapatkannya.

Namun dibalik itu semua ada sebuah peristiwa yang begitu menohok saya, menguras dan memainkan emosi. Perjuangan untuk mendapatkan acc dari suami untuk membeli buku ini dan teguran-teguran selanjutnya. Bagi kami, disaat kondisi keuangan lagi tak menentu mengambil keputusan ini bukanlah hal yang mudah. Di sisi lain pekerjaan yang mengharuskan kami tak bisa jauh dari perangkat digital membuat sang anak juga rawan sekali kecanduan bermain gadget. Sedikit-sedikit minta nonton youtube dan aneka permainan lainnya.

Mengambil keputusan untuk membeli halo balita ini berarti membuat kami harus menahan segala sesuatu keinginan untuk 10 bulan ke depan. Saya teringat akan nasehat dan teguran sang suami bahwa segala bentuk investasi ya harus disesuaikan dengan kemampuan diri. Jika memang kita tak mampu,  bisa memfasilitasi dengan cara yang lain. Entah itu pinjam ke perpustakaan atau melakukan hal lain yang mempunyai tujuan akhir yang sama. Tidak harus memaksa untuk memiliki.

Jleb rasanya mendengar sebuah nasehat sekaligus teguran halus seperti ini. Bukan berarti ini bentuk penyesalan karena telah membeli halo balita, namun sebatas mawas diri saja. Sebenarnya yang ingin disampaikan suami adalah berapa besar dan bagusnya sebuah investasi, tidak akan berguna apa-apa tanpa ada keteladanan orang tua. Kita tidak bisa hanya memberikan buku mahal atau media mahal lainnya begitu saja, kemudian anak bisa sendiri. Tetap anak membutuhkan pendampingan dan keteladanan orang tua yang merupakan bagian dari proses belajarnya.

Jadi kunci keberhasilan di sini terletak pada orang tua sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak. Benar adanya apa yang dikatakan suami. Buku hanya sebagai media yang membantu orang tua dalam menjalankan prosesnya sebagai pendidik anak. Hanya saja ada media yang bagus, bermutu dan berkualitas buat anak. Dan salah satunya buku halo balita ini. Menurut saya buku ini bisa menjadi panduan lengkap bagi orang tua untuk mendidik karakter sejak dini.

Di dalam satu paket buku halo balita yang berisi 26 buah buku, 1 buah buku besar hello kids, 3 buah boneka tangan dan 1 augmented reality ini merupakan paket yang lengkap. Karena sebagian besar bukunya dibagi menjadi 3 tahapan. Ada buku yang mengajarkan pada anak tentang kemandirian, melatih atau mengasah kecerdasan emosi dan spiritual anak. Terdapat juga satu buah buku panduan orang tua bagaimana seharusnya menanamkan pendidikan karakter pada anak sejak dini dengan bantuan media buku halo balita.

Masalahnya, bagaimana dengan investasinya untuk buku sekelas halo balita ini? Banyak orang yang sepakat dan mundur teratur kalau sudah mengetahui investasi untuk buku ini. Ya hanya dengan investasi sebesar 2.300.000 Anda bisa memberikan investasi yang terbaik buat anak. Yes, semuanya sepakat bilang mahal! Dulu saya juga berpikiran seperti itu. Namun berapapun harganya, kualitas tidak akan memungkiri dari sebuah investasi. Investasi sebesar itu sepadan dengan kualitas yang dihadirkan. Bisa saja jika Anda sudah memiliki dan merasakan manfaatnya harga sedemikan pantas untuk produk semacam halo balita ini. Bahkan Anda bisa mengatakan murah.

Wow…murah? iya murah kalau punya uang. Hehehe… iya beneran saya suka memang dengan buku halo balita ini. Selain cocok banget buat anak juga menjaga keamanan buat anak. Buku dibuat dengan kertas tebal, enggak mudah sobek, tahan air, bila dicorat-coret dengan pen bisa dihapus, ujung-ujung bukunya dibuat tumpul enggak runcing, so aman buat anak. Porsi gambarnya juga lebih banyak dari porsi tulisan, perbandingannya 70:30 yang sesuai untuk desain buku anak yang lebih menyukai gambar.

Nah bagi Bunda yang sedang mencari media, buku anak, recommended banget buku ini untuk Anda miliki. So yang ingin tahu lebih banyak, bisa lah komen-komen dibawah. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!